Tuesday, January 22, 2013

Apa mungkin bangkit lagi ?


Indonesia adalah sebuah negara yang luas, namun bukan besar (setidaknya hingga saat ini) memanglah tidak ada yang dapat menyangkalnya, karena terdukung oleh sebuah fakta kongkrit. Walau tidak semua warga negera Indonesia pernah merasakan, khususnya yang lahir sebelum tahun 90-an, Indonesia pernah menjadi sebuah negara dengan kekuatan ekonomi baru berada bersama-sama dengan  Malaysia dan Thailand. Indonesia sempat menjadi model pembangunan ekonomi yang berkelanjutan, khususnya untguk negara yang sedang berkembang dengan pertumbuhan ekonomi yang lumayan baik. Bahkan pernah disebut sebagai macannya Asia.


Dengan sebutan negara agraris sejak dulu kala, karena memang sebagian besar penduduk negeri ini adalah petani, semestinya negeri luas ini telah lama dapat berswasembada pangan (beras) bahkan mengeksportnya bukannya mengimpor. Sesungguhnya jalan keluar untuk membangkitkan sektor pertanian Indonesia, yakni mereka yang akan berkecimpung dalam bidang pertanian, sebagai mahasiswa maupun pengusaha pertanian, yang tentunya amat mengharapkan jaminan masa depan pertanian dan pemerintah mesti memberikan dukungan.


Tantangan yang harus dihadapi Indonesia untuk membuat pertanian menjadi ladang investasi dan jaminan masa depan yang menarik memang cukup berat karena persoalannya cukup kompleks, meskipun banyak diantaranya lebih disebabkan oleh kebijakan pemerintah yang setengah hati. Contohnya : kebijakan impor produk pertanian yang bersaing langsung dengan produk lokal, meski demikian tidak ada yang dapat memungkiri peranan pertanian bagi tegaknya suatu negara. Kemampuan suatu negara untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi warganya merupakan faktor kiritis yang menentukan, apakah suatu negara dapat menegakkan kedaulatannya khususnya kedaulatan pangan.-

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini