Saturday, November 3, 2012

Berita dari Lampung.

Warga Hindu di Bandar Lampung memiliki tempat suci nan indah, namanya Pura Kerti Bhuana, Wai Lunik. Pura yang bertempat di atas bukit itu berdiri megah di kawasan Jalan Sukarno Hatta Trans Lintas Sumatera, tepatnya Desa Wai Lunik, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandar Lampung. Dari Bandara Raten Inten 2 perlu waktu sekitar 50 menit, sedangkan dari kota lebih kurang 20 menit.

Meski pura relatif sederhana, karena hanya ada bangunan Padmasana dengan tinggi 9 meter plus palinggih Anglurah pada utamaning mandala, namun vibrasi di pura yang dekat dengan Pelubuhan Peti Kemas Panjang itu sungguh luar biasa. ”Kami merasa mendapat kedamaian batin ngayah di Pura Kerti Bhuana,” ujaar Jro Mangku Gede Yasa (79).

Mantan Wakil Daerah Perekonomian Laut di Semarang itu sudah mengabdi selama 17 tahun sejak 1994. ”Saya merasa mendapat segalanya di pura ini,” ujar pemangku 3 anak, 8 cucu dan 4 cicit ini. Dikatakannya, setiap Kuningan dilangsungkan piodalan di pura ini. Empat banjar ngempon pura ini yakni Banjar Satria, Banjar Waealin, Banjar Tengah dan Banjar Sukabumi. ”Selama ini tidak ada kendala yang berarti setiap piodalan, jika pujawali umat membeludak, persembahyangan sampai 20 sesi. Saat pujawali memang suasananya sangat meriah. Bahkan untuk menyemarakkan pada setiap upacara sering didatangkan Arja Muani dari Bali,” ungkap kakek kelahiran 1933 asal Pengastulan Kecamatan Seririt, Buleleng ini..---
http://canangsari.net <  asal sumber

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini