Tuesday, October 23, 2012

Pantai Silayukti " daerah Pura Silayukti "

Pura Silayukti terletak di ujung selatan Gunung Luhur Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Karangasem.

Pura Silayukti yang ada di Padangbai, Karang Asem Bali merupakan sebuah pura yang menyimpan pemandangan alam pantai yang indah. Konon dahulu Mpu Kuturan moksa di daerah Pura Silayukti. Disamping Pura Silayukti sebagai tempat menghormati jasa Mpu Kuturan, di areal pura ini juga ada Pura Payogan, dan Pura tempat menghormati Mpu Baradah ......” Kawasan Silayukti memang indah”


Kata Silayukti, berasal dari kata Sila yang berarti  tingkah, dan yukti yang bermakna benar. Nama Silayukti itu diberikan, karena dari sinilah Mpu Kuturan memimpin dan mengajarkan tingkah laku yang benar kepada warga Bali. Pura Silayukti merupakan salah satu penyungsungan pusat Warga Pasek. Mpu Kuturan menjalani hidup Swala Brahmacari ( kawin hanya sekali dan satu istri). Mpu Kuturan tiba di tanah Bali pada Rabu kliwon, wara Pahang (pegat uwakan), Madhuraksa  (penanggal ping 6), Candra Sangkala Agni Suku Babahan, tahun  Saka 923 ( tahun 1001 M).





Pujawali di pura Silayukti, jatuh tiap Buda Kliwon Pahang (enam bulan sekali). Pura lain yang terkait pura ini yakni Pura Telaga Mas, diduga semula pasraman Mpu Kuturan. Selain itu di sebuah goa di timur, di tebing pantai yang curam ada Pura Payogan. Diduga di tempat ini Mpu Kuturan melakukan yoga semadi pada masanya.

Di selatan Pura Silayukti terletak Pura Tanjungsari. Pura ini dipercaya sebagai parahyangan Mpu Baradah, adik Mpu Kuturan. Mpu Baradah, sempat ke Bali. Tujuannya guna memohon kepada kakaknya, Mpu Kuturan, agar salah seorang putra Raja Airlangga di Jawa Timur bisa diangkat menjadi raja di Bali. Namun, Mpu Kuturan tak sependapat.

Sebelum bertolak pulang ke Jawa, Mpu Baradah sempat beberapa waktu tinggal di Bali dan mendirikan parahyangan yang diberi nama Pura Tanjungsari. Pujawali di pura itu jatuh pada Buda Kliwon Matal. Saat pujawali, baik di Pura Silayukti maupun Tanjungsari, persembahyangan juga dilakukan pamedek ke Pura Telaga Mas atau pun ke Pura Payogan.


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini