Wednesday, October 17, 2012

Desa Julah yang bertahan

Bali post , 24/09/2012

Tanah Bali tanah yang termasyur ke seantero buana, tanah Bali juga tanah yang selalu didera aneka masalah, suatu kawasan yang benar-benar mesti tangguh untuk menahan segala gempuran yang menyebabkan hilangnya keasrian / kelestarian suatu wilayah. Hingga kini tanah Bali memang kuat dan nyata-nyata terbukti kuat. Satu bukti/fakta ;
Ada suatu desa di Kabupaten Buleleng, Kecamatan Tejakula  “Julah” namanya. Desa Julah merupakan salah satu desa kuno di tanah Bali, diantara kesekian banyak desa yang terbilang kuno di tanah Bali, Julah salah satunya. Desa Bali Mula juga sebagai sebutan untuk desa Julah, terdapat banyak peninggalan megalitik di desa Julah, peninggalan tari sakral juga ada, eneka bangunan tua dan pingit serta tata adat dan pemerintahan yang unik. 


Warga desa Julah terus berusaha semaksimal mungkin dan segala daya untuk melestarikan keadaan desanya misalnya dengan menata lingkungan dan menata bentuk bangunan agar sesuai dengan aslinya. Sesuai dengan prasasti di pura Balai Agung desa Julah.Desa di pesisir Buleleng bagian timur itu telah ada pada tahun saka 844 atau tanggal 4 Januari 923 masehi saat zaman pemerintahan Sang Ratu Sri Ugrasena di tanah Bali.

Kini di tengah derasnya arus budaya modern desa Julah memang telah berubah, namun perubahan yang terjadi tidak sampai menyentuh pada sendi-sendi adat dan budaya yang memang sejak lama dipertahankan oleh warga. Terbukti, hampir semua jenis kesenian sakral seperti tari baris gede masih terpelihara dengan baik. Sejumlah pura pingit di desa ini juga tetap terjaga, baik secara bentuk maupun kesuciannya. Saat pantai di desa lain kecamatan Tejakula diserbu vila dan hotel, pantai desa Julah yang panjangnya sekitar 1 Km tetap terbebas dari bangunan sarana pariwisata. Warga tidak ingin terdapat hotel di pantai, karena dikhawatirkan akan mencemari pingitnya pura-pura tua di desa Julah.

Warga desa Julah bukanlah warga yang anti pariwisata, terbukti tahun ini di desa Julah sedang terdapat proyek penataan lingkunagan yang arahnya untuk menjadikan desa Julah sebagai desa wisata kayak desa Belimbing di Tabanan. Dilakukan perbaikan lingkungan di desa Julah seperti jalan desa dan memperbaiki bangunan angkul-angkul kuno pada rumah warga. Untuk sarana penginapan di desa Julah warga akan diarahkan untuk membangun home stay di rumah atau pondok-pondok kecil di tengah kebun. Rumah dan pondok itulah nantinya akan ditawarkan kepada wisatawan. Seluruh perencanaan desa wisata di desa Julah masih terus digodok dengan matang, karena di satu sisi adat dan budaya harus tetap lestari .-

No comments:

Post a Comment