Friday, October 26, 2012

Buah anggur dan kolesterol

Koran pak oles, 1-31 Agust. 2012.

Tentunya hampir jarang orang yang tidak mengenal buah anggur, buah ini menjadi salah satu buah paforit yang banyak disuka orang. Selain terasa manis, anggur juga banyak bermanfaat bagi kesehatan bahkan menyembuhkan penyakit ringan hingga berat. Bahkan Organisasi kesehatan dunia (WHO) mengelompokkan anggur sebagai buah penurun kolesterol jahat. Mengingat kandungan serat anggur cukup tinggi sebagaimana halnya dengan buah lainnya seperti wortel, jeruk, dan apel.


Anggur juga mengandung hormone melatonin yang diketahui pada manusia dan hewan mamalia yang dibentuk dalam gladula pineal dan retina. Hormon ini mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Anggur menjadi sumber kekuatan seperti kandungan mineral, kalsium, fosforusi, vitamin A dan B, serta gula.  Karena itu anggur merupakan sumber kekuatan, obat. Sebaliknya jika dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan sakit kepala. Dalam bahan makanan anggur banyak digunakan untuk menjaga kesehatan jantung, anti kanker, anti bakteri, dan mengandung anti oksidan.


Turunkan kolesterol :  Anggur, terutama yang berwarna merah dan coklat kehitaman mengandung ratusan senyawa flavonoid yang berguna sebagai anti oksidan dan atau penggempur radikal bebas. Jus anggur dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dari dalam tubuh. Selain itu kandungan mineral boronnya dapat mempertahankan kadar kenormalan estrogen dalam darah wanita yang mengalami manopuse, sehingga dapat dapat memperlambat terjadinya kropos tulang (osteoporosis). Kadar gula yang tinggi pada anggur dapat menghasilkan energi dengan cepat, hingga anggur dianjurkan bagi orang yang ingin memulihkan energi tubuh dengan segera, namun tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Sebuah campuran yang terdiri dari bahan minuman anggur merah, ternyata mampu menjadi sebuah minuman yang menyehatkan. Dalam medis modern anggur telah diteliti dan ditemukan mengandung pottasium, sodium, mangan, magnesium, besi, fosfor, dan yodium dalam kadar tinggi. Anggur juga kaya akan vitamin A, B, C, dan juga mengandung 1 kilo dari 120 – 150 gram gula murni.  Minum sari anggur dapat mengobati berbagai penyakit seperti  membersihkan usus, membasmi asam folic, membantu mengeluarkan cairan empedu, menghancurkan pasir-pasir, membasmi penyakit persendian, sembelit, keracunan, ambeyen, dsb.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini