Monday, August 27, 2012

Kenapa helikopter bisa berhenti sambil melayang?

Sebuah helikopter itu dapat terbang ke segala jurusan, yakni kedepan, ke belakang, ke samping , bahkan tegak lurus ke atas. Dan sebuah heli dapat berhenti sambil melayang pada sebuah ruang yang lowong. Untuk memahami bagaimana hal ini bisa terjadi >>>

Oleh karena lembaran baling-baling helikopter itu mengiris di udara, maka udara di bawah lembaran baling-baling itu memiliki tekanan yang lebih besar dari pada udara diatasnya. Udara itulah yang mendorong lembaran baling-baling itu terangkat ke atas, karena terciptanya dorongan membubung ke atas. Sayap dari sebuah pesawat terbang biasapun menciptakan tekanan udara yang sama caranya. Pada dasarnya lembaran baling-baling pada helikopter itu sebenarnya adalah bentuk sayap yang berputar-putar. Perbedaannya hanyalah, bahwa pada pesawat terbang biasa seluruh tubuh pesawat itu harus bergerak maju untuk dapat mengangkat dirinya, sedangkan pada helikopter hanya diperlukan putaran baling-baling saja untuk bisa mengangkat dirinya. Inilah yang menyebabkan mengapa sebuah helikopter itu bisa membubung tegak lurus keatas atau tegak lurus menurun, atau bahkan berhenti sambil melayang-layang  di suatu tempat tertentu di angkasa.

Didepan sang pilot dalam sebuah helikopter itu terdapat apa yang disebut "tongkat ceklikan" atau tongkat penggerak arah. Pilot cukup menggerakkan tongkat itu ke arah yang diinginkan, maka helikopter itu akan terbang ke jurusan itu.Tongkat ceklikan itu bekerja dengan cara mengubah kepingan baling-baling itu pada suatu saat sementara ia melewati salah satu sisi dari helikopter itu. Ini berarti salah satu sisi dari cakram, yakni lingkaran yang dibentuk oleh putaran baling-baling itu, mempunyai tekanan membubung yang lebih besar dibandingkan dari yang lainnya, maka cakram itu terangkatlah. Kalau cakram itu dalam keadaan rata, maka helikopter itu berhenti sambil melayang di udara, oleh karena semua tekanan membubung itu mengalir tegak lurus keatas, dan menahan helikopter itu mengambang di udara. Bila cakram itu terangkat, sebagian besar dari tenaganya masih mendorong keatas, tetap menahan helikopter itu melayang, atau ke samping, sehingga sebagai akibatnya helikopter itu bergerak ke arah itu.

sumber  >>  apa dan mengapa?

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini