Sejatinya tujuan utama dari kita-kita
ini sesering mungkin mendekatkan diri kepadaNya adalah demi senantiasa kita ada
dalam lindunganNya. Untuk tujuan itulah kita kebanyakan (selain penganut faham
atheisme) memeluk salah satu agama yang kita yakini sebagai jalan terbaik kita
untuk selalu terhubung denganNya. Riilnya agama tertua yang diwahyukanNya ke
bumi pada sebagian kecil ajarannya mengenal empat jalan untuk terjadinya
perubahan hidup kearah yang lebih baik (baca kesempurnaan hidup) lahir dan
bathin, lumrah disebut catur marga ada juga yang membilang catur yoga.
Keempatnya merupakan jalan/marga untuk menghubungkan/mendekatkan diri
denganNya/ Hyang Widhi : bhakti marga, karma marga,jnana marga, dan raja marga.
|
serana utama ritual negtegang manik galih/baas memakai sebuah lumbung ukuran kecil dinamai "lumbung ayu" |
|
serana utama ritual negtegang manik galih/baas memakai sebuah lumbung ukuran kecil dinamai "lumbung ayu" |
Khusus tentang bhakti marga, berupa
suatu usaha menghubungkan diri denganNya beserta manifestasinya dengan cara
sujud bakti, menyucikan pikiran, mengagungkan kebesaranNya dan menghindarkan diri
dari aneka perbuatan tercela/ menjauhi semua laranganNya Demi lancarnya
pelaksanaan bhakti marga para umat Hindu membuat suatu serana diantaranya
berupa aneka tempat suci ( merajan, pura ), pratima, upakara, dan yang lainnya.
Tempat sucinya umat Hindu yang populer itu adalah pura (replika sorga), purapun
didirikan dengan aneka upakara sakralnya misalnya makuh, melaspas, dan ngenteg
linggih yang acap disebut karya agung. Hindu itu agama nan unik bukan ribet,
buktinya semua ritual keagamaannya ada tingkatan-tingkatannya yang semuanya
mengandung nilai budaya dan filosofi tinggi.
|
suasana ritual negtegang manik galih, menjelang ngenteg linggih di pura Puseh Durentaluh tahun 2016 / saka 1938 |
|
suasana ritual negtegang manik galih, menjelang ngenteg linggih di pura Puseh Durentaluh tahun 2016 / saka 1938 |
|
|
suasana ritual negtegang manik galih, menjelang ngenteg linggih di pura Puseh Durentaluh tahun 2016 / saka 1938 |
|
Kita ambil sampel, salah satu
jenis ritual yang disebut “Negtegang manik galih/negtegang baas”, ritual ini
tidak dilaksanakan jika upacara yadnya hanya berupa puja wali biasa/ngodalin.
Negtegang manik galih baru dilaksanakan setingkat upacara yadnya yang tergolong besar (nyangih nyambutin pada perorangan, ngenteg
linggih pada umum misalnya pada suatu pura). Negtegang manik galih/baas, kurang
lebih merupakan suatu prosesi keagamaan yang menyatakan suatu kesanggupan untuk
melaksanakan yadnya yang terkatagori besar dalam artian siap mental juga
materi. Ritual yang satu ini berserana utama beras, beras diupacarai sebagai
simbul kesiapan beryadnya dalam artian hingga batas waktu selesainya upacara
yadnya dimaksud yakin tidak akan kekurangan sandang pangan utamanya segala
kelengkapan upacara yadnya yang diselenggarakan. Contoh riil,pada upacara
Ngenteg linggih disetiap pura tentu ada yang namanya “Lumbung Ayu”. Lumbung itu
tempatnya padi (bahan beras), lumbung ayu serana kelengkapan saat ritual
negtegang manik galih/baas.
|
perlengkapan /upakara ngingsah nyangling (Pura puseh Durentaluh, April 2016) |
|
Ngingsah nyangling kamis tambir April 2016, menjelang ngenteg linggih anggakasih perangbakat 10 Mei 2016 di banjar dinas Durentaluh, Desa Belimbing, Kabupaten Tabanan, Bali |
|
Ngingsah nyangling kamis tambir April 2016, menjelang ngenteg linggih anggakasih perangbakat 10 Mei 2016 di banjar dinas Durentaluh, Desa Belimbing, Kabupaten Tabanan, Bali |
Lumrahnya setelah upacara negtegang manik galih
keesokan/lusanya dilanjutkan dengan upacara nyangling dan ngingsah (mencuci
beras serana upakara misalnya bahan tepung untuk nyamuh). Upacara nyangling dan ngingsah
beras dapat juga diartikan sebagai simbol dari kesiapan umat untuk melaksanakan upacara yang
terkatagori karya agung. Nyangling sama artinya dengan nyelir yang pada intinya menunjukkan
kesiapan seluruh umat Hindu untuk melaksanakan semua rangkaian upacara yang
telah dijadwalkan hingga ke akhir acara yadnya.
|
Ngingsah nyangling kamis tambir April 2016, menjelang ngenteg linggih anggakasih perangbakat 10 Mei 2016 di banjar dinas Durentaluh, Desa Belimbing, Kabupaten Tabanan, Bali |
|
Ngingsah nyangling kamis tambir April 2016, menjelang ngenteg linggih anggakasih perangbakat 10 Mei 2016 di banjar dinas Durentaluh, Desa Belimbing, Kabupaten Tabanan, Bali |
|
pembagian nasi yasa, usai ritual ngingsah nyangling, ngenteg linggih pura Puseh Durentaluh saka 1938 |
Sedangkan upacara ngingsah beras
dimaksudkan sebagai upaya untuk menyucikan beras yang akan dipergunakan selama
pelaksanaan upacara ini. Misalnya kala upacara ngenteg linggih di Pura Puseh
Durentaluh, rutual negtegang manik galih pada Rabu Manis Tambir 6 April 2016,
Nyangling Ngingsah pada Kamis Paing Tambir 7 April 2016, dilanjutkan Jum’at
keesokannya dengan acara nyamuh gede.
No comments:
Post a Comment