Thursday, August 1, 2013

Desa Belimbing Kecamatan Pupuan Kabupaten Tabanan




panorama alam desa Belimbing Pupuan Tabanan

panorama alam desa Belimbing Pupuan Tabanan


Jika suatu ketika anda melintasi jalan Raya Antosari – Pupuan mulai Km 9 anda telah mulai memasuki wilayah Desa Belimbing. Sebuah desa yang ada di kaki sebuah gunung/bukit, yakni gunung Batukaru/bukit Batukau. Untuk dapat tiba di desa Belimbing menempuh perjalanan kurang lebih 2,5 jam dari Bandara Internasional Ngurah Rai, atau 50 Km dari Denpasar. Jika di cari dari arah Singaraja via Pupuan, jarak desa Belimbing dari Pupuan adalah 15 Km, yang paling pertama akan anda temui adalah kantor perbekel desa Belimbing, di sebelah kanan jalan (jika anda  dari Pupuan menuju Antosari/Denpasar) tepatnya di sebelah utara Pura Luhur Mekori.

panorama alam desa Belimbing Pupuan Tabanan


panorama alam desa Belimbing Pupuan Tabanan


Warga desa Belimbing 80% lebih penduduknya bermata pencaharian bertani, ini merupakan suatu faktor pendukung yang kongkrit kenapa sawah-sawah di desa Belimbing lestari sepanjang masa. Sawah yang bertipe terasering, nyata indah untuk dipandang sepanjang tahun. Maka wajarlah desa Belimbing kini menyandang Status Desa Wisata, pendukung akomudasi wisata juga tersedia baik berupa hotel berbintang, warung wisata, dan juga outlet-outlet pembelian pulsa HP.

Desa Belimbing juga merupakan kawasan berhujan untuk daerah kabupaten Kota Pelangi Tabanan, hujan turun sepanjang tahun di Desa Belimbing, jadi intensitas hujan tertinggi dipegang oleh Desa Belimbing. Semua orang setuju, bahwasanya yang namanya hujan adalah merupakan suatu anugrah yang tiada ternilai harganya. Terbukti memang dengan anugrah itu, sawah-sawah di Desa Belimbing tidak pernah ada yang kering, saat kemarau terpanjang sekalipun tiba. Dalam hal ini nyata-nyata Gunung Batukaru sebagai pemberi kehidupan bagi warga Desa Belimbing. Sekilas informasi, di Desa Belimbing ada beberapa organisasi subak, yang anggautanya masing-masing lumayan banyak dengan sawah garapan yang sedemikian luasnya. Diantara subak-subak yang ada di Desa Belimbing , sebut saja Subak Teben Telabah adalah subak yang terluas, juga ada subak Mas, Subak Durentaluh (Bubuh), Subak Suradadi, dan subak-subak yang lainnya. Maka dengan itu rata-rata penduduk Desa Belimbing berkecukupan dari hasil bertani, mereka bukan kaya tapi, mereka mampu menanggung biaya pendidikan anak-anaknya. Dengan bukti yang lainnya anak-anak SMP Negeri 2 Pupuan yang kebanyakan adalah warga Desa Belimbing, telah mampu membawa sepeda motor saat masuk sekolah, kami sebagai warga desa Belimbing amat bersyukur kepada Sang Pencipta.

Air terjun Singsing Sade di Desa Belimbing

Daerah Wana Sepi, " Desa Belimbing"

Ada dua buah air terjun yang menawarkan pemandangan yang menarik di desa Belimbing, yakni air terjun/water fall : Singsing Sade dan  air terjun/water fall Benben.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini