Wednesday, April 24, 2013

Indonesia punya



Indonesia merupakan salah satu negara di dunia yang termasuk kaya akan flora dan fauna. Keanekaragaman jenis organismenya cukup tinggi di dunia. Dari delapan ribu jenis reptilia dunia, 25% diantaranya terdapat di Indonesia. Jenis organisme lainnya berupa fauna bertulang belakang 20%, serangga 20%, cacing 10%. Memiliki 1300 jenis burung, 2500 jenis ikan, dan 1000 jenis amphibia.


Flora dan fauna Indonesia digolongkan menjadi 3 zone zoogeografi ;
1.       Flora fauna Asiatis, berada di paparan sunda yang meliputi Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Pulau Bali. Paparan Sunda ini sekitar 140 juta tahun yang lampau merupakan  bagian dari benua Asia. Karenanya flora-fauna di di paparan sunda memiliki kesamaan dengan flora-fauna yang hidup di benua Asia. Flora-fauna tipe Asiatis ini dipisahkan oleh  garis “Wallacea”
2.      Flora fauna Australis,  berada di paparan Sahul  meliputi pulau papua dan pulau-pulau di dangkalan Sahul. Pada zaman geologi  (oligosin) paparan Sahul ini  menyatu dengan benau Australia, sehingga flora fauna  daerah ini memiliki  kesamaan dengan flora-fauna  yang hidup di benua Australia, flora fauna tipe Autralia ini dipisahkan dengan garis “Weber”
3.      Flora fauna Peralihn, ada diantara garis wallacea  sebelah barat  serta garis weber di sebelah timur, Flora- fauna di daerah ini mirip dengan yang ada di Asia dan sebagian lagi  mirip dengan yang ada di Australia.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini