Thursday, February 7, 2013

........... Puja (Hindu)





Sri Puja  :
Adalah hari khusus untuk memuliakan Dewi Sri, Sakti dari Dewa Wisnu. Hari ini jatuh pada Soma Pon wara Sinta. Hari suci ini disebut Soma Ribek. Pada hari rerainan ini umat Hindu wajib mempersembahkan : nyah-nyah gringsing,geti-geti, byu mas, canang ajuman yang dilengkapi dengan wangi-wangi. Persembahan ini dilakukan di Lumbung, tempat beras, dan di parhyangan. Dewa yang dipuja pada saat ini adalah Sanghyang Tri Pramana, perwujudan Dewi Sri. Pada pemujaan ini umat yang menjadi petani mesti melaksanakan brata tidak menjual beras,menjual padi, menurunkan padi dari lumbung, dan brata yang lainnya.

Guru Puja  :
Hari ini adalah hari khusus untuk melakukan pemujaan atau piodalan kepada Bhatara Hyang Guru yang disthanakan di Sanggah Kemulan. Harinya jatuh pada Redite Umanis wara Ukir. Banten persembahan terdiri dari : sesayut pengambean, sedah ingapon 25 buah, kwangi 8 buah, amat baik jika disertai banten ayaban 1 soroh, lengkap dengan rentenannya.

Brahma Puja  :
Hari ini merupakan pemujaan khusus kepada Dewa Brahma, manifestasi Tuhan yang berfungsi menciptakan alam beserta isinya.  Harinya jatuh pada Soma Paing wara Warigadean. Upakara bebanten persembahan terdiri dari ; sedah woh, banten juga disesuaikan dengan kemampuan, juga dilengkapi dengan puspa wangi. Tempat persembahan di Sanggah Paibon, dengan Puja Brahma Stawa.


Wisnu Puja  :
Hari ini jatuh pada Buda Paing wara Kuningan, khusus untuk pemujaan kepada Bhatara Wisnu  (Wisnu Puja). Jenis upakara pemujaan terdiri dari : sedah ingapon putih ijo,jambe 26 biji, tumpeng ireng dengan daging ayam panggang ireng seekor, Pejati, asep, puspa wangi . Tempat persembahan di kemulan atau Paibon.

Sumber : Hari suci Hindu, Bali-India   oleh Drs Nyoman Singgih Wikarman dan I Gede Sutarya (kalender bali  2013, Drs I Nyoman Singgih Wikarman (alm) , I Gede Sutarya)

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini