Monday, January 14, 2013

Antara manfaat dan mudharat. ( untuk HP )


Kemajuan suatu tehnologi senantiasa menghasilkan 2 hal yakni manfaat dan mudharat. Yang kita maksudkan di sini adalah HP, semua kalangan kenal HP semua kalangan memiliki HP, dalam satu rumah tangga tidak jarang berapa anggauta keluarganya sejumlah itulah ada HP pada KK tersebut. Apakah ini sebagai patokan, berhasilnya pemerintah memajukan inkam perkapita  KK penduduk RI ?, tidak juga kan?

Bahaya radiasi HP adalah salah satu mudharat dari keberadaan yang namanya HP. Dalam sebuah panel diskusi yang digagas WHO telah simpulkan telepon sellular atau HP bersifat karsinogenik, bahaya radiasai HP ditengarai dapat menimbulkan sejumlah penyakit dan kelainan kesehatan, misalnya : tumor otak, kanker, parkinson, kecapaian (fatigue), dan sakit kepala.

Amat di tujukan kepada para ortu, hendaknya berpikir beberapa kali sebelum memenuhi permintaan anaknya yang masih duduk di sekolah dasar (SD) memiliki sebuah telepon genggam.  Memakai telepon genggam sejak dini menyebabkan resiko jangka panjang kesehatan pada sianak  Para peneliti di National Radiology Protection Board, Inggris mengatakan : radiasi elektromagnetik yang dihasilkan dari telepon genggam dapat merusak DNA dan juga mengakibatkan tumor otak. Para Ortu seharusnya tidak memberikan telepoin genggam pada anak-nak yang berusia 8 tahun atau dibawahnya. Saat telepon genggam terpakai, 70 s.d 80% energi radiasi  yang dipancarkan dari antena telepon akan diserap kepala. Hasil penelitian juga membuktikan : anak – anak yang mengunakan ponsel sejak Balita 50% lebih berisiko mengalami gangguan prilaku kala memasuki usia 7 tahun. Prilaku tidak normal itu cukup bervariasi salah satunya gangguan pemusatan perhatian dan hiper aktivitas. Pada anak-anak yang belum memakai ponsel, resiko itu juga tetap tinggi kalau selama kehamilan sang ibu sering memakai ponsel. Tidak jauh berbeda dengan kelompok pertama. Pemakaian ponsel selama kehamilan meningkatkan resiko gangguan prilaku hingga 40% kala anak berusia 7 tahun.-

Sumber  : bali post 14012013.-

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini