Tuesday, October 16, 2012

Sedikit tentang “ Wariga “

Hampir semua orang (khususnya orang Hindu) pernah mendengar kata wariga. Wariga itu suatu patokan untuk mencari hari baik, merupakan suatu pengetahuan yang amat tua dan umurnya mungkin milyaran tahun, ada yang mengatakan wariga itu lebih tua dari agama. Ilmu yang paling tua diatas bumi ini adalah filsafat,atau tatwa. Khususnya wariga yang ada di jagat Bali berasal dari Jawa, sebelum orang Hindu datang ke Indonesia orang Indonesia telah mengenal ilmu bintang tapi sifatnya amat sederhana. Dengan kedatangan orang Hindu memperluas/memperdalam ilmu wariga. Ilmu wariga tidak sebagaimana ilmu-ilmu lainnya, untuk dapat menjadi seorang yang ahli wariga perlu waktu puluhan tahun. Ilmu wariga boleh dikatakan sebuah ilmu yang sukar dan amat besar dipercaya karena amat banyak segi abstraknya dan ilmunya amat luas.

Lontar-lontar yang ada di jagat Bali hingga kini masih belum teratur baik dan juga belum digolong-golongkan karenanya sukar mempelajari. Di jagat Bali ada puluhan wariga yang tersebar diantaranya ; Aji Candra Swamandala, Wariga Wanasari, Wariga Gemet, Sundari Gading, Sundari Petak, Sundari terus, dan yang lainnya. Ada yang menguraikan tentang filsafat/ tatwa, tenung atau ramalan tentang nasib dunia serta pengaruh berbagai planet yang ada di langit yang bisa membawa perubahan terhadap keadaan dunia. Kita sebagai manusia terlalu kecil dengan umur yang amat pendek untuk mengetahui rahasia yang tersembunyi di balik semua bintang. Maka kagumlah kita atas CiptaanNya dengan adanya bintang-bintang yang berjuta-juta banyaknya.

Tidak berlebihan sesungguhnya, bila dikatakan para pakar-pakar wariga hingga kini belum mampu mewujudkan satu kesatuan visi sehingga para masyarakat yang awam pengetahuannya tentang wariga menjadi sering bertanya-tanya. Bagi peminat ilmu pengetahuan wariga hendaknya berusaha memperhatikan dan memahami dalil-dalil dan kata-kata istilah dalam wariga. Karena wariga pedewasan yang ada di tanah Bali penuh dengan berbagai dalil dan kata istilah yang memerlukan penafsiran dengan tepat dan logis/masuk akal. ( selamat menyelami ilmu wariga )

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini