Tuesday, October 9, 2012

Kegunaan Air putih

Dikutip dari koran Bali Post  8-10- 2012


Manfaat air putih tidak hanya baik bagi kesehatan namun juga umumnya direkomendasikan bagi yang sedang menjalani program diet. Para ahli kesehatan juga mengemukakan jika mengkonsumsi air putih secara rutin setiap hari dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah tubuh dari dehidrasi. Manfaat lain dari air putih adalah ;


1.      Mengobati Sembelit > merupakan masalah klasik pada pencernaan yang disebabkan oleh kekurangan jumlah air yang ada pada tubuh, hal ini menyebabkan berkurangnya gerakan usus hingga menyebabkan sembelit. Minumlah setidaknya segelas air hangat saat pagi hari guna melancarkan gerakan usus dan mencegah sembelit.
2.      Mempercepat aliran darah > kegunaan air putih bila dikonsumsi dalam keadaan panas mampu membakar lemak di dalam tubuh dan sistim saraf. Dengan terurainya lemak tersebut maka akan mempercepat dan memperlancar sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sekaligus membuang racun berbahaya di dalam tubuh.
3.      Mengurangi nyeri kala haid > segelas air putih hangat bila dikonsumsi pada pagi hari bisa membantu mengurangi rasa nyeri pada wanita yang sedang datang bulan, dan juga mampu meredakan kram saat mentruasi.
4.      Menurunkan berat badan > banyak para ahli diet yang menganjurkan untuk mengkonsumsi lebih banyak air saat menjalani program diet. Minumlah air hangat dengan campuran sedikit lemon dan madu. Air putih dapat membakar timbunan lemak dari dalam tubuh hingga dapat melancarkan program diet anda.
5.      Meredam flu dan batuk > minumlah air hangat untuk meredakan dan melancarkan dahak pada saat sedang batuk.


Tips diet dengan air putih yang mudah diterapkan sehari-hari ;


a.      Untuk memenuhi kebutuhan air harian, biasanya dianjurkan untuk meminum dua liter sehari.
b.      Biasakan minum air putih sebelum menyantap makanan
c.       Bedakan haus dan lapar  ( kadang-kadang orang sulit membedakan antara lapar dan haus. Ada baiknya kita minum dulu ketika merasa lapar. Saat rasa lapar tidak juga hilang baru menyantap makanan )
d.      Bila tidak suka air putih, coba tambahkan lemon atau perasan jeruk. Boleh juga menyeduh teh rasa buah seperti mangga atau peach, tentu saja tidak ditambah dengan gula agar tidak ada kalori yang terkandung di dalamnya.
e.      Bila minum air putih dalam porsi besar, usahakan dalam posisi duduk, ini agar air yang masuk dalam jumlah besar itu tidak mengganggu kerja ginjal.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini