Sunday, August 19, 2012

Sedikit petunjuk untuk mereka yang seneng bermain dengan PC.


Siapapun yang ada di alam ini tentu punya suatu kesenangan, dan kesenangan diantara kita sudah tentu berbeda-beda. Untuk mereka yang seneng bermain dengan PC (personal Computer), ada baiknya bila anda meluangkan waktu sejenak untuk membaca info berikut (mungkin akan ada manfaatnya) :

1.      Jangan membongkar, memodifikasi, memperbaiki PC (termasuk adaptor AC atau pengisi baterai) > karena bisa menimbulkan kebakaran atau kejutan listrik, juga bisa mengakibatkan cidera berat.
2.      Hati-hati jika anda menggunakan banyak konektor. Beban berlebih pada satu stopkontak bisa menyebabkan kebakaran atau kejutan listrik, dan bisa mengakibatkan cidera berat.
3.      Gunakan atau belilah selalu kabel daya yang sesuai dengan spesifikasi dan persyaratan dan frekwensi yang telah ditetapkan, misalnya untuk daya listrik 220 Volt atau lebih.
4.      Sebelum dibawa/dipindahakan, matikan dulu PC anda, lepaskan kabel daya dan dan nantikan PC menjadi dingin (anda dapat terkena cedera ringan), Hati-hati untuk tidak sampai mempengaruhi PC, PC bisa rusak atau data hilang.
5.      Selalu matikan daya PC ketika anda ke tempat-tempat fasilitas kesehatan ( Rumah Sakit / ketika anda berada dekat dengan peralatan medis). Gelombang Radio (antena), adaptor atau gelombang elektro magnetik (sirkuit PC) bisa berpengaruh negatif terhadap peralatan medis elektronik. Ini dapat mengakibatkan kecelakaan / tidak berfungsinya peralatan medis, bisa juga mengakibatkan cidera berat.
6.      Selalu matikan fasilitas WiFi, bluetooth ketika PC anda berada dekat peralatan kendali otomatis, seperti pintu otomatis,atau alat detektor api. Gelombang radio bisa mengakibatkan alat tersebut tidak berfungsi, bisa juga mengakibatkan cidera berat.
7.      Pastikan keamanan jaringan nirkabel (wirelles), Jaringan LAN nirkabel (wirelles LAN) dapat membuat konfigurasi dan LAN anda lebih fleksibel. SSSC sangat menganjurkan agar anda mengambil langkah-langkah semestinya guna memastikan keamanan bila anda menggunakan koneksi nirkabel guna melindungi kerahasiaan anda serta menangkal pencurian identitas / data. Anda perlu waspada, meski setting keamanan sudah dipasang, para hacker jahat yang berpengalaman kemungkinan masih mampu mengakses jaringan dan atau data rahasia anda. Setting keamanan Acces Point (AP) membantu membentengi keamanan jaringan nirkabel.
8.      Saat menyambungkan Modem. > sambungkan modem dengan built-in anda hanya ke saluran telepon analog biasa. Jangan menyambungkan modem built-in ke saluran digital (ISDN), Jangan menyambungkan modem built-in kekonektor digital yang ada di telepon umum. Jangan menyambungkan modem built-in ke sistim telepon kunci untuk rumah/ kantor, menyambungkan ke saluran komunikasi selain saluran telepon analog bisa mengakibatkan sitim PC rusak
9.      Jangan pernah memasukkan benda-benda logam sperti stapler atau klip kertas ke dalam PIC/ keyboard. Benda-benda logam asing itu bisa mengakibatkan hubungan arus pendek, dan akhirnya PC bisa rusak dan kebakaran, dan dapat juga menyebabkan cidera berat. Jika PC kemasukan benda logam, segera;  matikan pc, lepaskan adaptor AC dari Steker daya dan PC, lepaskan pak baterai, lepaskan semua kabel dari konektor (jika ada). Jangan menghidupkan daya PC lagi, hingga anda membawanya ke pusat servis resmi.
10.  Jangan meletakkan PC dimana bisa terkena panas yang sangat, seperti di bawah sinar matahari langsung, atau kendaraan tanpa ventilasi atau dekat alat pemanas Tindakan ini bisa mengakibatkan kerusakan sistim, kehilangan data, atau kerusakan PC. Dan jangan pula meletakkan PC pada tempat bersuhu rendah/ amat dingin

11.  Jangan meletakkan PC di dekat benda yang menghasilkan medan magnet, seperti pengeras suara atau TV. Jangan memakai gelang magnetik sambil mengoprasikan PC. Bila terkena medan magnet sitim bisa rusak tidak berfungsi, atau data hilang.
12.  Bila menggunakan PC, istirahatkan mata secara teratur dan kendorkan otot-otot agar tidak kaku.
13.  Jangan membongkar, menyesuaikan atau memperbaiki drive optik (drive CD/DVD, drive CDRW,dll). Drive itu bisa rusak, anda juga bisa terkena sinar laser atau bahaya keselamatan lainnya.
14.  Kartu PC kadang memanas saat PC digunakan. Sebelum melepas kartu PC tunggu hingga dingin, melepaskan kartu PC masih panas bisa menyebabkan luka bakar.
15.  Selalu matikan PC terlebih dahulu sebelum menghubungkan peralatan tambahan, seperti mouse PS/2  yang disarankan untuk dipasang dalam kondisi hot insertion. Kejutan listrik atau kerusakan sitim bisa terjadi peralatan tambahan dihubungkan saat PC belum dimatikan. Hot insertion berarti memasang/melepas peralatan ketika PC masih dalam kondisi hidup.
16.  Jangan menggunakan CD atau DVD retak, rusak atau hasil perbaikan. Pecahan CD atau DVD yang rusak bisa mengakibatkan cedera.
17.  Jangan matikan PC semasih ada aplikasi yang masih berjalan. Mematikan dengan cara demikian bisa mengakibatkan data hilang.
18.  Ingat, jangan memformat media penyimpan tanpa memeriksa terlebih dahulu isinya. Memformat akan merusak/menghilangkan semua data dalam media penyimpanan.
19.  Sebelum memasang perangkat/aplikasi, simpan dulu semua data di memori ke harddisk atau media penyimpanan lainnya. Bila tidak, data bisa hilang.
20.  Rawatlah CD/DVD anda agar tidak terjadi data hilang/ tidak rusak/tidak merusak drive optik > jangan di tekuk, jangan merusak permukaannya, jangan menaruh CD/DVD di bawah sinar matahari langsung, jangan menulisi/merusak permukaan baca CD/DVD
21.  Jangan menggunakan fasilitas WiFi atau bluetooth dekat microwave oven atau di tempat-tempat yang ada gangguan gelombang radio/medan magnetnya. Gangguan dari microwave oven atau sumber lain bisa mengacaukan WiFi atau bluetooth.
22.  Saat akan menghapus data, >> Jika harddisk atau media penyimpan lainnya berisi data penting, anda harus menyadari bahwa prosedur penghapusan standar tidak menghilangkan data dari media, yang meliputi : memilih delete untuk file tertentu, memasukkan file ke dalam recycle Bin dan mengosongkannya, memformat ulang media penyimpanan, memasang ulang sitim operasi dari CD-ROM cadangan. Prosedur tadi hanya menghapus bagian awal data yang digunakan untuk mengelola file. Dengan demikian file tersebut tidak terbaca sistim operasi, namun datanya masih bisa dibaca dengan menggunakan utility khusus. Sebelum membuang PC, hapus semua data di dalam drive harddisk. Hal ini bisa mencegah terjadinya penggunaan data secara tidak sah. Anda bisa :
a.      Merusak drive harddisk secara fisik
b.      Menggunakan utility khusus  yang bagus untuk menghapus semua data

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini