Sunday, October 14, 2012

Diciptakan Tuhan sebagai obat jerawat


Anak Baru Gede/ Remaja identik dengan jerawat, karena jerawat itu merupakan salah satu tanda bahwa kalian telah meninggalkan masa anak-anak. Untuk kalian yang perempuan dara sebutannya ada juga yang bilang gadis, ya gadis belia yang manis. ABG zaman kini semuanya cantik dan manis karena rata-rata pinter berhias. Namun diantara kecantikan yang  terselip suatu saat kejengkelan akan menghinggapi para remaja. Karena apa? Jerawat, ya karena jerawat banyak remaja hilang rasa percaya dirinya. Tuhan Maha Bijak, Beliau menciptakan suatu penyakit (jerawat), Beliau juga telah menyediakan obatnya di berbagai macam tumbuhan ;


a.      Tomat > termasuk tanaman perdu semusim, berbatang masif berbulu dan berbuku-buku. Bunganya keluar dari ketiak daun, berwarna putih buahnya hijau ketika muda, dan saat beranjak tua akan berwarna merah. Saat memakai buah tomat sebagai obat jerawat pilih buah tomat yang telah masak, lalu potong rata setelah itu langsung dipakai untuk menggosok kulit wajah yang ada jerawatnya. Usahakan kalian tekun, wajahpun dijamin akan kembali berseri.
b.      Belimbing wuluh > tanaman ini dapat tumbuh baik di tempat terbuka. Daunnya bersirip genap, batangnya tidak banyak cabang, berbunga kecil menggantung berwarna merah / keunguan. Buahnya serasa asam berwarna hijau, kuning muda, dan ada juga yang putih. Kalium oksalat, flavonoid, pektin, tanin, asam galat, dan asam ferulat yang dikandung oleh buahnya. Untuk jerawat ; ambil 5 belimbing wuluh, cuci bersih dan tumbuk hingga halus, remas dengan air garam seperlunya. Gosokkan pada wajah atau kulit yang berjerawat, lakukan 3 kali sehari. Semoga wajahmu kembali mulus berseri.
c.       Mentimun > batangnya berbulu halus, merambat dan menjalar. Panjang batangnya bisa mencapai hingga 3 meter, berbunga kuning, buah berbentuk bulat panjang. Mentimun juga mengandung vitamin A,B1, dan C serta zat-zat lainnya seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, dan belerang. Untuk mengatasi jerawat pilih mentimun yang masih muda, cuci bersih lalu potong-potong, perlahan gosokkan pada kulit yang berjerawat. Minimal 3 kali sehari.
d.      Jeruk Nipis > Setelah berumur 2 hingga 3 tahun mulai berbuah. Berbuah sebesar bola pingpong, berwarna hijau atau kekuning-kuningan, rasanya asam. Mengandung unsur senyawa kimia ; limonen, linalin asetat, geranil asetat, fellandren,  dan asam sitrat. Guna membasmi jerawat carilah jeruk nipis yang telah tua, potong rata, gosok pada kulit yang berjerawat 2 hingga 3 kali sehari.
e.      Daun sirih > ambillah 6 atau 7 daun sirih, rendam dalam air panas selama 30 menit, hingga airnya dingin. Gunakanlah air rendaman itu untuk mencuci muka, lakukan 2 kali sehari kala pagi dan malam (menjelang tidur)
f.        Daun Melati > ambil segenggam daun melati, tumbuk sampai halus lalu siram dengan sedikit air. Saring, ambil airnya saja.Air daun melati itu dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan selama 2 minggu, agar jerawat segera berkurang.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini