Flickr

Bali perlu produk “quality tourism”



 
panorama alam Bali dan aktivitas daranya
 
orang Bali itu walo dicap kafir kuat iman, sebagai penganut Hindu nan taar

Bali, kita kembali ke pulau sorga Bali nan mungil indah lestari bak kahyangan. Pulau sorga sudah mendunia di kalangan penduduk bumi, karena ribuan duplikat kahyangan terbangun megah di pulau cantik ini. Ditopang oleh kebudayaan yang bernuansa relegius  dimana agama Hindu (baca Hindu Bali) sebagai penggerak primernya dengan powernya yang disebut taksu (taksu Bali).  Saking demikian tenarnya nama Bali itu hingga ke manca negara sana, maka tidak mengherankan kalau sampai ada orang yang peduli akan Bali sempat bahkan menyempatkan diri untuk membuat rangkuman catatan tentang budaya Bali, mungkin karena dianggap tertop diantar yang pop.  Ada penulis yang sedemikian cintanya akan Bali menuangkannya dalam buku karyanya  : A Brief History of Bali , oleh Tim Hannigan dari negara Inggris sana. Tidak hanya itu, sebelumnya ada nama Willard Hanna menceritakan tentang Bali pulau indah itu, mengenai perjuangan para penduduk pribumi tanah Bali untuk mempertahankan identitas uniknya di tengah serbuan aneka aktivitas pariwisata. Bali itu identik nian dengan Hindu berikut aneka aktivitas keagamaannya, maka tidak heran ada seorang pengarang buku yang juga berstatus fotografer, megangkat tentang kehidupan orang Bali yang menjunjung tinggi kebinekaan di buku karangannya, foto-foto dokumentasi yang di tampilkan adalah tentang budaya Bali (prosesi panca yadnya).

kesenian Bali, juga berbudaya tinggi penambah perbendaharaan budaya nasional

kesenian Bali, juga berbudaya tinggi penambah perbendaharaan budaya nasional
kesenian Bali, juga berbudaya tinggi penambah perbendaharaan budaya nasional

Bali tenar, Bali keloktah disamping berkebudayaan tinggi juga karena memiliki panorama alam nan indah menghijau biru, biru lantaran tanah Bali itu subur. Pantainya juga indah, sebut saja pantai Sanur. Pantai Sanur di Bali acap  dijadikan arena surfing, karena terkenal memiliki ombak yang berbeda dengan daerah pantai lainnya, dekat Bali Beach ada magic wave, ombak terkatagori panjang-panjang tercipta di pantai Sanur, dunia mengakui itu. 
" hanya Bali " yang menawarkan pemandangan semacam ini,  riil
hampir disetiap harinya ada pemandangan semisal ini di tanah Bali, budaya Bali menyatu dengan alamnya

Kita semua tahu, destinasi wisata yang berkualitas yang menjadi salah satu pilihan wisatawan kelas menengah keatas saat mereka berlibur ke Bali. Untuk itu Bali amat memerlukan destinasi wisata berkualitas (produk quality tourism). Ketika para wisman wisnu datang ke destinasi yang terpelihara dan menawarkan produk yang bermutu tinggi niscaya akan menambah nilai lebih untuk Bali kedepannya, serta ujung-ujungnya akan menambah daya saing dengan banyak destinasi di negara lain. Agar Bali kedepannya mampu tetap mempertahankan pasar wisatawan kelas atas yang telah tergenggam.-     astungkara “


sumber informasi : koran Bali Post  11-08-2017.-

0 Response to "Bali perlu produk “quality tourism”"

Post a Comment

Baca juga yang ini