Flickr

Pupuan Tabanan Bali

Wihara Dharma Giri di Desa Pupuan Tabanan

Selintas tentang kecamatan terujung yang dimiliki oleh kabupaten kota pelangi Tabanan, yang mana kecamatan yang satu ini juga merupakan daerah perbatasan dengan kabupaten Buleleng di Bali Utara. Info berikut di bagikan via medsos FB oleh saudara  Griyung, sbb :
 Pupuan  berasal dari kata pupu yang artinya : paha, kemudian diberi imbuhan an, maka menjadi  Pupuan. Pengertian  paha  ini sesuai letak / Denah Desa Pupuan ini adalah merupakan Paha dari Gunung batukaru.
Kemudian ada juga yang menyebutkan nama Desa #Pupuan, ini berasal dari kata Plupuhan  yang berarti kubangan. Dilihat dari topografinya tepatlah bahwa Desa Pupuan itu berasal dari Kata Plupuhan, atau dengan kata lain Desa Pupuan dikelilingi oleh dataran tinggi.
Tentang Pupuan terdapat dalam Prasasti bantiran yang terbuat dari Tembaga Wasa, yang saat ini disimpan / disungsung di Pura Puseh Desa Sading Kabupaten Badung. Dalam Prasati tersebut dituliskan pada abad II (Tahun caka 923 / tahun 1072 M) dengan bahasa zaman Peralihan Bali Kuna, ke Jawa Kuno bahwa Desa Pupuan itu sudah ada.
Pupuan yang terletak didataran tinggi dengan luas wilayah 5,25 Ha yang terdiri dari 5 Banjar Dinas dan 5 banjar Adat serta 1 Bendesa Adat yang merupakan Desa Tua yang masih melaksanakan tata kehidupan dan upacara – upacara adat yang unik, misalnya : setiap Purnamaning Kapat di Pura Kahyangan Puseh melaksanakan Upacara Piodalan dengan menampilkan tarian Rejang Deha Teruna.
#Sejarah #Bali #SejarahBali

Sumber: tabanankab.go.id

0 Response to "Pupuan Tabanan Bali"

Post a Comment

Baca juga yang ini