Monday, June 13, 2016

Padmasana ; SinggasanaNya



Tiada dinyana tidak ada pertanyaan tentang apa dan siapa yang tertua, karena hampir 100% dari warga dunia tahu persis bahwa keyakinan akan keberadaanNya yang tertua itu yakni Hindu. Ya agama Hindu itu tertua dan paling awal di wahyukanNya kepada para insanNya yang taat selaian para kaum atheism tentunya. Yakin dan percaya akan adaNya tentu ada suatu serana dan prasana serta alat media agar keyakinan tentangNya melahirkan suatu aliran tunggal deras, suleng (bhs.Bali) setidaknya saat memujaNya ada gambaran tentang kebesaranNya/ tentang kemahakuasaanNya.


Dari sejak nguni Hindu itu telah eksis aktif memuja keagunganNya, terbukti dengan adanya salah satu media sembahyang penganut Hindu yang bernama lingga, lingga itu sejatinya merupakan berjenis tiang dari batu yakni simbul pemujaanNya yang bermanifestasi sebagai Dewa Siwa, sedemikian kunonya era lingga itu.  Yang paling kekal di alam maya pada ini adalah perubahan, perubahan yang baik untuk di bicarakan adalah perubahan kearah kemajuan yang ujungnya membawa kebaikan bagi umatNya, misalnya seiring waktu serana pemujaan untukNya di jajaran Hindu dewasa ini yang namanya lingga telah berubah menjadi pelinggih padamasana ( di sebuah pelinggih padmasana itu diyakini Tuhan itu bisa dipuja dengan segala manifestasinya/segala bentuk sinar suciNya), ini merupakan salah satu keistimewaan sebuah pelinggih padmasana. Dalam ajaran Hindu, kata Padma berarti “teratai” atau tunjung (bhs.Bali), dan kata asana berarti “tempat duduk” atau “singgasana”. Dengan demikian Padmasana itu diartikan tempat duduk atau “Singgasana Tuhan”  (dalam segala manifestasiNya/ prabawaNya) misalnya :  para Dewa.


Di dalam ajaran Hindu, kata Padma berarti ”teratai” atau ”tunjung” ("dalam bahasa Bali”). Dan Asana berarti ”tempat duduk” atau ”singgasana”. Jadi Padmasana berarti tempat duduk atau singgasana Tuhan dengan berbagai manifestasi atau prabawanya, yaitu Dewa-dewa. Bentuk bangunan palinggih Padmasana yang berkembang dewasa ini, merupakan perkembangan dari sebuah lingga. Lingga adalah tiang batu, yaitu simbol pemujaan Dewa Siwa yang sangat kuno. Bentuk bangunan palinggih Padmasana ini kemudian diperkenalkan ke Bali pada abad ke-14 oleh Danghyang Nirarta atau Danghyang Dwijendra atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pedanda Sakti Wau Rauh.

Tidak terlepas dari ciri khas para orang Bali, yang  dapat menerima dan berhubungan akrab dengan sekalian umatNya, demikian juga tentang keyakinan yang searah. Beberapa abad  yang lalu, Danghyang Nirartha/Danghyang Dwijendra  datang ke Bali dan memperkenalkan sebuah bentuk pelinggih (tempat suci Hindu) yang disebut Padmasana, yang jenisnya lebih dari tujuh buah sesuai dengan lokasi yakni sesuai dengan keyakinan Hindu tentang pengider-ider buana (Sembilan arah mata angin) Diantaranya : Pertama, Padma Kencana di Timur menghadap ke Barat, Padmasana di Selatan menghadap ke Utara, Padma Sari di Barat menghadap ke Timur, Padmasana Lingga  di Utara menghadap ke Selatan, Padma Asta Sedana tempatnya di Tenggara menghadap Barat Laut (wayabya), Padmanoja tempatnya di Barat Daya menghadap ke Timur Laut ( kaja kangin), Padmakaro  bertempat di Barat Laut menghadap ke Tenggara (kelod kangin), Padmasaji bertempat di Timur Laut (kaja kangin) menghadap ke Barat Daya (kelod kauh), Padmakurung tempatnya di tengah-tengah menghadap ke lawangan. Yang latah terterapkan pelinggih Padmasana itu juga dibedakan sesuai dengan rong (ruang), diantaranya ada Padmasana Anglayang beruang tiga (rong telu) dengan dasar bedawang nala, Padma Agung beruang dua (rong dua), Padmasana beruang satu (rong siki), ada juga disebut Padma sari, Padma Capah yang masing-masing beruang satu (rongbesik)

Sumber info : sebuah status di medsos FB.

2 comments:

  1. ayo bagi yg suka maen judi ayam on line
    di bolavita tempat nya banyak sekali bonus2 menarik
    dan game2 on line terlengakap se indonesia
    dengan pelayanan 24 jam yg sangat ramah
    sabung ayam s128

    ayo segera daftar dan buktikan sendiri
    info lbh lanjut:

    whatup : +62812-2222-995

    ReplyDelete
  2. ayo bergabung dengan bolavita khusus new member lgsg di berikan 10%
    tanpa ribet dan masih banyak bonus2 lain nya
    semua di berikan tanpa ribet pelayanan terbaik 24 jam
    depo wd secepat kilat ^^ sabung ayam filipin

    info lbh lanjut :
    WA: +628122222995

    ReplyDelete

Baca juga yang ini