Flickr

Hidden Canyon of Beji Guwang Sukawati



.
Ngarai berhias tebing ada di utaranya Arizona Amereka dan di Jawa barat, tapi ngarai yang berhias tebing dan tersembunyi ada di Nusa kecil Bali
 
Menceritrakan tentang Bali, baik panorama alam, warga, dan aneka kebudayaannya memang tidak pernah habis. Bicara tentang Bali, tentulah kita senantiasa berbicara tentang hal-hal yang berjenis menghibur karena Bali itu bernuansa indah dalam segala hal, itu riil. Sekali lagi, bukan hanya karena budaya/kebudayaannya panorama alam Bali itu memang tiada duanya dan tiada pernah mampu mengimbangi / menyamai, kebesaran kuasaNya nyata tersaji di tanah Bali pulau sorga. Misalnya tentang yang beda ( Bali memang beda) juga  sebutan tepat untuk Bali misalnya dengan adanya Puja Mandala,  ( dalam satu areal berdiri megah lima jenis  tempat suci, milik lima agama ) hanya ada di nusa kecil Bali.


foto  :  http://nowbali.co.id

Bali itu acap membikin bingung para orang asing ( para warga negara seberang ), banyak orang bertanya ;  Bali itu di sebelah mananya Indonesia? Jawabnya hanya satu : jika anda menginjakkan kaki di Bali berarti anda telah tiba di Indonesia, tapi jika anda menginjakkan kaki di Indonesia belum tentu ada telah tiba di Bali ( jawaban ini yang tertepat diantara kesekian jawaban yang ada). Memang demikianlah adanya, Bali itu memiliki banyak hal yang aneh dan tersembunyi (hidden), khusus tentang yang tersembunyi di nusa kecil Bali ada bagian lembah/ngarainya tanah Bali yang sedemikian indah karena aneka perubahan warga nyata terjadi di ngarainya tanah Bali yang satu ini, Hidden Canyon Bali demikian lumrahnya yang membilang.

Merupakan salah satu daerah tujuan wisata/ destinasi wisata anyar di nusa kecil Bali, berlokasi pada sebuah sungai/tukad (bhs.Bali)  salah satu tempat yang dianggap suci dalam artian kesuciaan sakralnya senantiasa dijaga oleh penganut Hindu Bali nan taat.  Karena saking sucinya/ sakralnyalah ngarai yang satu ini  keindahannya hanya terbaca oleh daya imajinasi seseorang. Lokasinya dekat nian dengan Pura Dalem Desa Guwang, masih merupakan wilayah Sukawati daerah tingkat dua Gianyar. Sesuai dengan info dari mereka-mereka yang bergelut di dunia pariwisata, untuk tiba di ngarai/lembah yang bernama Hidden Canyon Bali hanya butuh waktu 20 menit dari pantai Sanur, dan kurang dari 10 menit dari pasar seninya Sukawati. Lembah Hidden Canyon itu ada 3 lokasi, untuk dapat menjelajahi ketiganya butuh waktu 1,5 hingga 2 jam, tebing-tebing di sisi lembah berupa aneka bentuk sesuai amat dengan imajinasi/daya nalar pengunjung  mungkin dikarenakan bersaputkan aura mistis religius bercorak Hindu (taksu Bali). Untuk diketahui juga, Hidden Canyon ini sekaligus merupakan areal yang disucikan/dianggap suci yakni berupa sebuah beji, tempatnya umat Hindu di kawasan wilayah itu melaksanakan ritual melasti/mekiyis/melis. Pengunjungnya, telah berdatangan dari pulau-pulau seberang misalnya Jawa dan Sumatra. Wismannya juga banyak : Eropa, Jerman, Belanda, Thailand, dan yang lainnya.


Sumber bacaan : majalah Bali Post edisi 132


1 Response to "Hidden Canyon of Beji Guwang Sukawati"

Baca juga yang ini