Flickr

Bendungan Titab Ularan Bali

Pada saatnya kelak daerah Titab Ularan akan menjadi destinasi wisata anyar di daerah Bali, baik lokasi hunting bagi para Fotografer

 
Bendungan Titab Ularan Bali
 
Bendungan Titab Ularan Bali
Sedemikian bergunanya air itu dalam kehidupan kita, sehingga dengan biaya yang sedemikian besarpun yang namanya air akan diberdayakan. Kegunaan apapun yang lebih dari satu kita menamakan multi fungsi. Demikian juga halnya dengan air, air yang telah ditampung dalam sebuah bendungan apalagi bendungan yang sudah bernama waduk tentu faedah multi fungsi akan dirasakan manusia. Apapun itu jenis dan modelnya semisal perjuangan pembangunan juga memerlukan penmgorbanan. Dengan mengorbankan dalam artian menenggelamkan 6 desa di dua kecamatan di Bali Utara ( setara 119 hektar) Bendungan terbesar di Bali yang telah terkatagori waduk telah terwujud di akhir tahun ganjil 2015. Sesuai perencanaan di tahun 2000 dan mulai di kerjakan saat tahun ganjil 2011 lalu,  bendungan/waduk baru ini akan berupa genangan air seluas 65 hektar bahkan lebih.

Bendungan Titab Ularan Bali
Bendungan Titab Ularan Bali
Bendungan Titab Ularan Bali

Bendungan Titab Ularan, demikian nama yang diberikan waduk/bendungan yang satu ini. Sesuai info yang tersiar akses ke bendungan ini berhiaskan lebih dari 60 patung yang sedemikian indahnya, menjadikan nuansa Bali kian kentara di tempat wisata baru ini.  Dengan membendung sungai/tukad Yeh Saba (baca : Sabe)  kelak pada saatnya akan tergenang air yang bervolume 12.000.000 meter kubik dengan fungsi sebagai : pengairan sawah seluas lebih dari 1700 hektar diantaranya subak : Belumbang, Banyu Mati, Ulun Desa,  subak Karang Sari, sesuai perencanaan juga air minum sebesar 300 meter kubik/detik akan terhasilkan, bahkan daya listrik PLN akan bertambah sebesar 1,5 Mega watt via PLTA-nya.

Bendungan Titab Ularan Bali
Bendungan Titab Ularan Bali
sungai yeh saba yang di bendung

Tidak ada pembangunan tanpa pengorbanan, itu pasti ! Ada 6 desa yang ditenggelamkan : Ularan, Rendiki, Kekeran, Telaga, Titab, dan Busungbiu dengan nilai biaya pembebasan lahan 119 meliyar . Waduk/bendungan Titab Ularan bertife konstruksi urukan batu, dengan rencana daya tahan hingga 50 tahun.  Bendungan Titab Ularan selesai akhir tahun 2015, efektif mulai diisi air 13 Desember 2015 dengan membendung air Tukad Yeh Saba.

Nb : Sungai = Tukad Yeh…..  (bhs Bali), contoh : Tukad Yeh Balian, Tukad Yeh Ootan, Tukad Yeh Sapuan, Tukad Yeh Saba, dll.




0 Response to "Bendungan Titab Ularan Bali"

Post a Comment

Baca juga yang ini