Saturday, January 11, 2014

Panca Wali Krama dan Eka Dasa Rudra



Aneka nama acara keagamaan yang dimiliki umat Hindu, lebih-lebih umat Hindu tanah Bali, sampai-sampai mereka yang sinis akan keberadaan Bali menyebut : Bali = Banyak Libur. Wajar, karena memang demikianlah adanya, namun ingat itu semua  bersinggungan nyata dengan yang namanya hak asasi. Upacara keagamaan oleh umat Hindu memang buanyak buanget, mulai yang terselenggara tiap har,i rutin (   nitya karma ) hingga ke persembahyangan yang dilaksanakan pada hari-hari / waktu tertentu ( naimittika karma ), itulah Hindu dengan salah satu budayanya. Santer telah tersiar ada juga yang bernama  Panca Wali Krama dan Eka Dasa Rudra, yang mana acara itu rutin terselenggara di kabupaten Karangasem Bali, neng Pura Besakih.

pura Besakih

Yang disebut upacara Panca Wali Krama tidaklah semua warga faham, kapan upacara itu dilaksanakan ( walau mereka tahu itu ada di pura Besakih ). Di selenggarakan setiap sepuluh tahun sekali, yakni jatuh pada hari Tilem/bulan mati sasih Chaitra tahun Saka dengan kelipatan sepuluh ( tahun saka yang angka akhirnya adalah nol ). Contoh pada tahun saka 1910 ( 8 Maret 1989 ), di dahului upacara penyucian jagat. Upacara pitra yadnya (ngaben/ngerit) serentak di laksanakan di seluruh pelosok tanah Bali. (Dipetik dari buku : murddha agama hindu, upada sastra.)
pura Besakih


Upacara keagamaan yang terbilang langka, langka karena rentang waktu penyelenggaraannya amat jauh yakni setiap seratus tahun sekali. ( bersyukurlah terlahir sebagai umat Hindu di Bali saat kelahiran ini berjumpa dengan Eka Dasa Rudra di Besakih ). Tahun saka jatuhnya Eka Dasa Rudra adalah kala mana tahun saka berakhir dengan dua nol angka / kelipatan seratus ). Pada tahun saka 1900 , upacara Eka Dasa Rudra dilaksanakan di pura Agung Besakih saat hari Tilem/bulan mati  ( 28 Maret 1979 ) untuk memuja para dewa yang menempati sebelas mata angin : timur, tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur laut, tengah-tengah, dan bawah. ( Dipetik dari buku : murddha agama hindu, upada sastra.)


No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini