Thursday, January 9, 2014

Nibanda (Hindu)



Agama Hindu yang ada diatas bumi memiliki suatu kitab suci yang bernama “Weda” (umum orang tahu). Ada suatu teori mengatakan : untuk lebih mudah meresapkan dan juga memahami/mengerti akan isi kitab Weda terlebih dahulu hendaknya membaca kitab  Nibanda, suatu kitab yang juga dianggap suci oleh umat Hindu.  Kitab Nibanda juga merupakan kitab suci agama Hindu namun tidak termasuk di dalam kelompok kitab suci Weda.

Tidak termasuk ke dalam kelompok kitab suci Weda, namun isi ajarannya amat diakui oleh umat Hindu sebagai ajaran yang setaraf dengan ajaran kitan suci Weda, yang menulisnyapun adalah para Maha Rsi, dan Rsi yang memberikan ulasan serta pandangannya berupa kritik, komentar, ataupun tafsir terhadap apa yang terdapat dalam kitab suci Weda. Kitab Nibanda dianggap sebagai suatu karya ilmiah, lantaran ditulis oleh para Maha Rsi yang ahli dibidangnya masing-masing, dan tetap mengakui bahwa kebenaran Weda adalah mutlak. Diantara hasil tulisan para Maha Rsi ( semuanya berupa kitab suci) ada yang bernama : Sarasamuscaya, Purwamimamsa, Tantra,  Brahmasutra, Wedantasutra, Wahya, Uttaramimamsa, serta yang lainnya. ( setiap kitab suci tersebut merupakan penjelasan atau uraian dari kitab suci Weda baik Sruti dan Smrti )

1 comment:

  1. Agama Hindu yang ada diatas bumi memiliki suatu kitab suci yang bernama “Weda” (umum orang tahu). Ada suatu teori mengatakan : untuk lebih mudah meresapkan dan juga memahami/mengerti akan isi kitab Weda terlebih dahulu hendaknya membaca kitab Nibanda, suatu kitab yang juga dianggap suci oleh umat Hindu. Kitab Nibanda juga merupakan kitab suci agama Hindu namun tidak termasuk di dalam kelompok kitab suci Weda.

    Tidak termasuk ke dalam kelompok kitab suci Weda, namun isi ajarannya amat diakui oleh umat Hindu sebagai ajaran yang setaraf dengan ajaran kitan suci Weda, yang menulisnyapun adalah para Maha Rsi, dan Rsi yang memberikan ulasan serta pandangannya berupa kritik, komentar, ataupun tafsir terhadap apa yang terdapat dalam kitab suci Weda. Kitab Nibanda dianggap sebagai suatu karya ilmiah, lantaran ditulis oleh para Maha Rsi yang ahli dibidangnya masing-masing, dan tetap mengakui bahwa kebenaran Weda adalah mutlak. Diantara hasil tulisan para Maha Rsi ( semuanya berupa kitab suci) ada yang bernama : Sarasamuscaya, Purwamimamsa, Tantra, Brahmasutra, Wedantasutra, Wahya, Uttaramimamsa, serta yang lainnya. ( setiap kitab suci tersebut merupakan penjelasan atau uraian dari kitab suci Weda baik Sruti dan Smrti )

    ReplyDelete

Baca juga yang ini