Sunday, November 11, 2012

Kitab Dharma Sutra / Dharma Sastra {Hindu}



Kitab Dharma Sutra, isinya menguraikan tentang berbagai macam aspek mengenai peraturan hidup bermasyarakat dan bernegara. Kitab Dharma Sutra disebut juga Dharma Sastra. Kitab ini dipandang sebagai kitab yang amat penting diantara kitab-kitab jenis Kalpa. Karena saking pentingnya, maka adalah kesan bahwa Weda Smrti itu adalah Dharma Sastra.

Orang yang disebut sebagai penulis kitab Dharma sastra adalah Bhagawan Manu, Bhagawan Apastamba, Bhagawan Bhaudayana, Bhagawan Harita, Bhagawan Wisnu, Bhagawan Wasistha, Bhagawan Waikanasa, Bhagawan Sanskha, Bhagawan Yajnawalkya, dan Bhagawan Parasara. Dari nama-nama orang suci penulis sastra tersebut, yang paling terkenal adalah Bhagawan Manu. Karya sastra beliau dibidang Manawa Dharma Sastra ditulis oleh Bhagawan Bhrgu. Ajaran yang termuat dalam kitab Manawa Dharma Sastra yang ditulis oleh Bhagawan Bhrgu menyebar diseluruh pelosok dunia seperti : India, Campa, kamboja, Thailand, dan hingga ke Indonesia.

Agama Hindu mengajarkan kepada umatnya, kehidupan dilalui  oleh 4 zaman atau disebut Catur Yuga. Bhagawan Sanskha Likhita mengatakan bahwa masing-masing yuga dari catur yuga memiliki dharma sastranya masing-masing.
1.      Pada masa Satya/khrta yuga berlaku adalah kitab Manawa Dharma Sastra, karya sastra Bhagawan Manu
2.      Pada masa Trita Yuga berlaku kitab Dharma Sastra yang ditulis oleh Bhagawan Yajnawalkhya
3.      Pada masa Dwapara Yuga berlaku kitab Dharma Sastra karya Bhagawan Sanskha Likhita
4.      Pada masa Kali Yuga dipergunakan Dharma Sastra yang ditulis oleh Bhagawan Parasara.
Diantara ke empat kitab Dharma Sastra itu,  yang diterapkan untuk masing-masing bagian Catur Yuga memiliki sifat saling mengisi atau melengkapi antara satu dengan yang lainnya.---

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini