Monday, September 17, 2012

Penyakit Katarak



Penyakit katarak adalah penyakit yang menyerang mata, dimana kondisi lensa mata mengalami kekeruhan akibat hidrasi sehingga terdapat bercak putih seperti awan dan berjalan secara progresif. Kondisi mata seperti ini membuat pandangan mata terganggu seperti ada kabut yang amat tebal di depan mata, namun penyakit katarak umumnya tidak menyebabkan iritasi / rasa nyeri.
 Ada beberapa jenis penyakit katarak ;

a.   Katarak Senilis > dapat terjadi biasanya setelah berumur 40 tahun, proses pasti belum diketahui dan penyebab utamanya di duga karena faktor usia.
b.  Katarak Kongenital > dapat terjadi sejak dalam kandungan atau timbul setelah dilahirkan, umumnya disebabkan karena adanya infeksi, dan kelainan metabolisme pada saat pembentukan janin. Katarak jenis ini sering timbul karena infeksi saat ibu mengandung, terutama pada kehamilan 3 bulan pertama.
c.     Katarak Traumatika > terjadi pada semua umur, biasanya terjadi pasca trauma baik tajam maupun tumpul pada mata terutama mengenai lensa.
d.      Katarak Komplikata > terjadi setelah infeksi mata .

 Katarak berkembang lambat namun berpotensi menjadi kebutaan jika tidak segera diobati. Orang yang menderita katarak umumnya tidak menyadari gejala gangguan katarak, karena prosesnya yang berlangsung berangsur-angsur sampai daya penglihatan baru terasa pengaruhnya katarak berkembang 3 sampai 5 tahun. Maka dari itu penderita biasanya baru menyadari setelah memasuki stadium kritis. Satu-satunya pengobatan adalah melalui pembedahan, yaitu pengambilan lensa keruh.

Sumber  > bali post,  18/9/2012.  

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini