Tuesday, September 11, 2012

Kelahiran menurut Bulan Lahir

Sumber  > kalender bali tahun 2012, Guru Bambang Gede Wisma

Januari > Janus yakni dewa dua wajah yang bertolak belakang. Tatapan kedepan dan kebelakang sebagai perlambang tatapan masa lalu dan pandangan masa depan. Janus akhirnya menjadi Januari sebagai bulan mawas diri, pemisah tahun lalu dan tahun baru. Orang-orang yang lahir pada bulan ini pandai berpikir dan berbakat jadi pemimpin. Amat cocok dengan usaha dagang, baik juga bila jadi guru. Baik hatinya dan menghargai orang lain. Periang namun mudah mendapat susah. Bila hatinya susah agak sukar dihibur.Pandai bicara dan pintar menyimpan rahasia, penyabar, dan telaten. Sangat teliti dan hati-hati dengan urusan uang. Punya daya pikat yang besar, dan banyak yang mencintai. Tidak senang dengan pekerjaan yang selalu diperintah orang lain, ia senang bekerja dengan pikirannya sendiri, tidak mudah kena pengaruh dan bujukan orang lain.

Pebruari > Februa kata latin, istilah untuk pesta penyucian bangsa Romawi Kuno. Bulan ini paling sedikit harinya  28 hari (tahun biasa), 29 hari (tahun kabisat).Orang yang lahir pada bulan ini memiliki kepandaian dapat dibanggakan hanya satu bidang saja. Senang tukar pikiran dan dapat menghargai orang lain, senang plesir dan humor,suka berpakaian yang serba indah. Bergaul dengan tulus (lahir bathin),tapi bila bermusuhan tidak mudah didamaikan. Punya penyakit rematik dan gatal, senang bertindak menurut kemauannya sendiri, mau memerintah tidak mau diperintah, Seakan-akan punya kekuatan mata  (hypnotische macht) yang berkekuatan gaib. Suka harta dan pangkat, dan suka memuji diri sendiri. Berbakat jadi dokter jiwa atau tabib, dan pantas jadi ahli hukum dan ahli ilmu obat-obatan

Maret > Mars dewa perang Romawi Kuno yang keberaniannya tiada tara. Semula Maret merupakan bulan pertama, tapi tidak diketahui secara pasti mengapa pindah ke urutan ketiga. Mereka yang lahir bulan ini punya keahlian dibidang pertukangan atau tehnik. Senang mengetahui agama dan pengetahuan lainnya. Cinta pada sesama, jujur, tidak pernah berbohong. Senang keindahan bahasa /sastra. Bila menolong orang tidak tanggung-tanggung, maka banyak yang menyenanginya. Bisa dipercaya dalam memegang urusan penting, mis : keuangan, administrasi. Sebelum berusia 35 tahun, sering menderita sakit setelah diatas 35 tahun mereka jarang sakit dan umumnya panjang umur. Bila pandai mencari pekerjaan mereka bisa kaya. Sayangnya mudah susah, bila sedih susah dihibur, dan mudah putus asa.

April > ada yang menyebut dewi cinta. Orang Yunani menyebut musim semi mulai April dengan istilah “pembukaan”. Mereka yang lahir bulan ini pandai berpikir, banyak pendapat/ide, bila bekerja dengan perintah orang malah bingung. Pandai mengatur rumah tangga, sabar, dan sayang kepada keluarga, suka menuruti kehendaknya sendiri. Bila punya musuh tidak mau/mudah memberi ampun. Sabar terhadap orang yang dicintai. Mau kerja berat dan kalau bekerja bisa lupa pada kesehatan. Pria yang lahir pada bulan april banyak untung dan mudah cari uang, tapi mudah membuangnya. Senang berpakaian bagus, dan senang bergaul dengan orang awam.

Mei > Mei diambil dari istilah Maia Majesta, dewa musim semi di Inggris. Musim ini disambut dengan meriah dengan tradisi pemilihan ratu disebut Maid Marian dan Sang Raja Robin Hood. Mereka yang lahir di bulan mei bisa menahan hawa nafsu dan angkara murka. Bila bicara manis dan menarik. Suka barang-barang yang baik dan makanan yang enak-enak. Bisa besar kalau bekerja di bidang pengarang, dokter, pedagang. Kurang memperhatikan kepentingan orang lain, suka bekerja sendiri tanpa menunggu perintah, akan lebih beruntung bila bisa jadi pemimpin. Pandai, rajin bekerja, pemboros demi kesenangan pribadi.

Juni > berasal dari kata juno nama Dewi Feminin, melambangkan harkat kewanitaan yang membawa kebahagiaan keluarga. Bulan ini merupakan hari baik melangsungkan perkawinan menurut masyarakat Eropa.Yang lahir bulan Juni pandai dalam ilmu agama dan ilmu pemerintahan. Senang mengharapkan sesuatu yang tidak ia kerjakan.Kebanyakan suka bepergia. Bila telah berumur 35 tahun bisa mengumpulkan harta, suka kawin pada usia muda, tidak percaya pada orang lain, bisa punya umur panjang. Mudah terserang penyakit perut. Tidak/kurang mau bertukar pikiran dengan orang lain.

Juli > diambil dari nama Julius Caesar sbg. Penghormatan terhadap Kaesar Romawi. Mereka yang lahir bulan juli memiliki daya pikir tajam untuk merencanakan pekerjaan besar. Bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga dan bisa membantu saudara-saudaranya, jujur, baik hati, dan takut melarat. Suka berpikir bila sendirian di rumah. Pandai berbicara dan pandai berpidato, senang punya barang-barang yang model baru dan modern, senang pakaian yang indah-indah, senang pada rumah yang bersih dan menawan, pintar tehnik, dan bisa jadi pemimpin perusahaan. Bisa kena penyakit paru-paru, dan ginjal tapi kuat menahan sakit, senang dipuji, kadang-kadang kejam dan suka balas dendam, pandai memberi contoh pada anak-anak dengan tujuan baik.

Agustus > berasal dari nama Kaisar Romawi, Agustus, bahkan untuk kekuasaannya ia merubah jumlah hari bulan Pebruari lalu menambahkannya pada bulan Agustus.  Mereka yang lahir bulan ini berhati baik dan “prasaja” terhadap keluarga, saudara dan tetangga. Punya kekuasaan besar. Bisa dipercaya dibidang perdagangan , bisa berumur panjang tapi harus bisa menjaga kesehatan perut dan kepala. Hatinya selalu senang dan bisa menarik perhatian orang, disenangi orang banyak, Sering mendapat untung besar bila bekerja dengan baik. Senang belajar, berfoya-foya, dan senang makan di tempat ramai. Kalau bicara senang mendebat lawan, pada dasarnya rajin bekerja menjadi juru bayar, makelar, dan mendirikan perusahaan.

September > berasal dari kata septa, bahasa latin berarti tujuh. Pada mulanya urutan ketujuh kalender julian. Tapi abad ke 8 SM, pembagian tahun diubah dari 10 bulan menjadi 12 bulan, tanpa merubah namanya bulan September di urutan kesembilan hingga saat ini. Orang yang lahir bulan ini memiliki sifat jujur, cinta pada sesama, dan baik budi pekertinya, dihormati orang, senang dengan peraturan-peraturan yang baik.Punya bakat jadi guru dan pandai dibidang musik, dan mendidik anak-anak, pandai menyimpan rahasia pribadi dan rahasia orang lain. Pria yang lahir bulan September bisa ahli dalam bidang obat-obatan, wartawan, dan ahli pidato, senang menyimpan dan mengeluarkan uang untuk menyenangkan hatinya, dermawan,sering rekreasi cari hiburan, berwatak periang, awet muda, suka makan dan minum yang kelewat batas. Berotak cerdas dan sering banyak untung.

Oktober >  sama dengan September, Oktober mengalami hal serupa berasal dari kata Okto artinya delapan. Orang yang lahir bulan ini pandai bicara dan baik budinya. Bila bekerja sendiri bisa berhasil, tapi bila orang lain ikut nimbrung jadi bingung. Dia suka menolong orang yang disenangi dan bukan orang yang dibenci, bila wanita kurang sabaran, terhadap orang yang disenangi bisa sabar sekali. Boros bila memegang uang, berbakat dibidang musik, pikirannya tajam / bisa membaca pikiran orang lain, senang berpakaian yang bagus tanpa mengukur kemampuan sendiri., bisa hidup rukun dengan keluarga, bekerja tidak bisa dipaksa orang lain.

November  >  orang Inggris kuno menyebut sebagai bulan berdarah, karena musim pembantaian ternak menjelang musim dingin. Yang lahir pada bulan ini pandai terhadap semua urusan, bisa menahan nafsu, bicaranya menarik, bisa mempengaruhi orang, senang keindahan dunia, senang dipuji, bisa jadi pengarang, sebenarnya pemalas, dan suka menggosip orang, bisa mendapat untung besar dan sukses jika mendapat pekerjaan besar , pandai dan manis, berbakat mendongeng cerita-cerita fiksi, boros dengan uang, senang bepergian. Jika akan membuka usaha sebaiknya mulai bulan Januari atau Juli dan harinya hari Selasa.

Desember > baik zaman Romawi kuno maupun modern, bulan ini merupakan bulan terakhir, penanggalan setahun. Orang yang lahir pada bulan ini senang meniru (ikut-ikutan) dan percaya pada orang lain, kurang sabaran, mudah bosan, tidak punya rasa sirik/iri dan dengki, jujur dan rajin, bila bekerja punya cara-cara sendiri dibandingkan dengan orang lain, punya pandangan yang luas tentang apa saja, panjang umur dan selalu sehat, amat berbakat pada bidang seni, bila telah benci susah diajak damai, wanita yang lahir bulan Desember pintar mengatur rumah tangga, hatinya jujur dan lugu, bila janji mesti ditepati, mendambakan kebenaran dan keadilan.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment