Sunday, August 12, 2012

Yang Unik Dari Tepi Danau Batur Bali



Desa Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, di sebelah timur Danau Batur, tampak mayat disemayamkan sanak saudara di bawah pohon kemenyan Trunyan. Keunikan itu hanya untuk mayat orang-orang tertentu saja.
Trunyan adalah desa kuna yang dianggap sebagai desa Bali Aga (Bali asli). Trunyan memiliki banyak keunikan. Daya tariknya paling tinggi adalah keunikan memperlakukan jenasah warganya. Trunyan memiliki tiga jenis kuburan yang menurut tradisi desa Trunyan, ketiga jenis kuburan itu diklasifikasikan berdasarkan umur orang yang meninggal, keutuhan jenasah dan cara penguburan.
Kuburan utama, dianggap paling suci dan paling baik. Jenazah yang dikuburkan pada kuburan suci ini hanyalah jenazah yang jasadnya utuh, tidak cacat, dan jenasah yang proses meninggalnya dianggap wajar (bukan bunuh diri atau kecelakaan).
Kuburan yang kedua disebut kuburan muda yang khusus diperuntukkan bagi bayi dan orang dewasa yang belum menikah. Namun tetap dengan syarat jenasah tersebut harus utuh dan tidak cacat.
Kuburan yang ketiga disebut Sentra Bantas. Kuburan ini khusus untuk jenasah yang cacat dan yang meninggal karena salah pati maupun ulah pati (meninggal secara tidak wajar misalnya kecelakaan, bunuh diri).
Dari ketiga jenis kuburan tersebut yang paling unik dan menarik adalah kuburan utama atau kuburan suci (Setra Wayah). Kuburan ini berlokasi sekitar 400 meter di bagian utara desa dengan dibatasi oleh tonjolan kaki tebing bukit. Untuk membawa jenasah ke kuburan harus menggunakan sampan kecil khusus jenasah yang disebut Pedau. Meski disebut dikubur, namun cara penguburannya unik, yaitu dikenal dengan istilah mepasah.
Jenasah yang telah diupacarai menurut tradisi setempat diletakkan begitu saja di atas lubang sedalam 20cm. Sebagian badannya dari bagian dada ke atas, dibiarkan terbuka, tidak terkubur tanah. Jenasah tersebut hanya dibatasi dengan ancak saji yang terbuat dari sejenis bambu membentuk semacam kerucut, digunakan untuk memagari jenasah. Di Setra Wayah ini terdapat 7 liang lahat terbagi menjadi 2 kelompok. Dua liang untuk penghulu desa yang jenasahnya tanpa cacat terletak di bagian hulu dan masih ada 5 liang berjejer setelah kedua liang tadi yaitu untuk masyarakat biasa.
Jika semua liang sudah penuh dan ada lagi jenasah baru yang akan dikubur, jenasah yang lama dinaikkan dari lubang dan jenasah barulah yang menempati lubang tersebut. Jenasah lama, ditaruh begitu saja di pinggir lubang. Jadi jangan kaget jika di setra wayah berserakan tengorak-tengkorak manusia yang tidak boleh ditanam maupun dibuang.

Meski tidak dilakukan dengan upacara Ngaben, upacara kematian tradisi desa Trunyan pada prinsipnya sama saja dengan makna dan tujuan upacara kematian yang dilakukan oleh umat Hindu di Bali lainnya. Upacara dilangsungkan untuk membayar utang jasa anak terhadap orang tuanya. Utang itu dibayarkan melalui dua tahap, tahap pertama dibayarkan dengan perilaku yang baik ketika orang tua masih hidup dan tahap kedua pada waktu orang tua meninggal serangkaian dengan prilaku ritual dalam bentuk upacara kematian.
Keunikan Trunyan yang lain adalah peninggalan purbakala. Prasasti Trunyan tahun saka 813 (891 masehi) menyebutkan keberadaan sebuah pura yang bernama Pura Turun Hyang. Di pura tersebut terdapat bangunan suci meru yang bertumpang tujuh. Di dalam meru tersebut tersimpan sebuah arca Batu Megalitik setinggi kurang lebih 4 meter yang oleh masyarakat Trunyan sangat disakralkan. Arca tersebut juga dikenal dengan sebutan Arca Da Tonta. Tempat berstananya Ratu Gede Pancering Jagat ini juga dinamakan Pura Pancering Jagat.
Meru tumpang tujuh yang dilengkapi dengan arca setinggi 4 meter tersebut dianggap sebagai simbol laki-laki. Simbol wanita ada pada pelinggih Ida Ratu Ayu Dalem Pingit berupa meru tumpang tiga yang dilengkapi dengan lambang tak dapat diukur dalamnya. Pelinggih simbol purusa pradana menurut kepercayaan masyarakat desa Trunyan dan orang Bali lainnya merupakan simbol kesuburan.
Trunyan juga memiliki ciri khas lain yaitu tarian sakral Barong Brutuk. Tari ini dipentaskan pada saat upacara piodalan di Pura Pancering Jagat yang jatuh pada Purnamaning Kapat. Menurut kepercayaan masyarakat desa Trunyan. Pementasan Barong Bruntuk merupakan suatu pertanda turunnya Ida Sang Hyang Widhi Wasa dalam manifestasinya sebagai Ratu Pancering Jagat, Ratu Ayu Dalem Pingit, dan Ratu Sakti Meduwegama.
Tari ini bertujuan untuk memohon keselamatan pada Tuhan. Sisi unik desa Trunyan juga bisa dilihat dari sistem kemasyarakatannya. Pemuka desa dikenal dengan istilah khusus. Bukan Bendesa Adat maupun Kepala Desa, tetapi digunakan sebutan Jero Putus, Jero Gede, dan Jero Mekel. Yang menjadi pemuka desa juga dipanggil dengan sebutan Jero Kebayan Kiwa Tengen.

Sumber >> http://kevinabali.wordpress.com


 
Bali, atau yang dikenal dengan sebutan Pulau seribu Pura, banyak memiliki daya tarik yang unik bagi para wisatawan. Keaneka ragaman budayanya mampu menjadi magnet tersendiri untuk membuat para wisatawan terkagum – kagum. Salah satu contoh yang mampu menjadi daya tarik adalah adalah desa Trunyan. Trunyan merupakan sebuah desa kecil yang terletak di kabupaten bangli Kecamatan Kintamani. Desanya yang terpencil dan terletak di tepi danau batur, mengingatkan pada kondisi masayarakat Bali pada zaman Kuno yang masih berpegang teguh akan tradisi nenek moyang. Masyarakat Trunyan menyebut diri mereka sebagai Bali Aga (Bali Asli), sedangkan Bali Suku adalah keturunan dari penduduk kerajaan majapahit pada zaman dahulu yang tinggal dan menetap di bali.
Berbeda dengan umumnya masyarakat Bali lainnya, Trunyan memiliki tradisi upacara pemakaman jenasah yang sangat unik, bahkan tidak bakal pernah dijumpai dibelahan dunia manapun. Jika masyarakat bali pada umumnya melakukan Ngaben dengan cara jenasah tersebut dibakar, Namun di trunyan jenasah tersebut tidak dibakar, melainkan hanya menggeletakkan jenasah tersebut dibawah pohon tanpa dikubur. Mengagumkannya jenasah tersebut tidak mengeluarkan bau yang menyengat walaupun selama telah tergeletak selama berbulan – bulan. Konon hal yang menyebabkan jenasah disana tidak mengeluarkan bau karena adanya Pohon tarumenyan yang hanya terdapat dan tumbuh di desa Trunyan. Pohon tarumenyan mampu mengeluarkan aroma harum dan dapat mensterilkan aroma yang tidak sedap dari jenasah tersebut. Dari nama pohon tarumenyan ini kemudian dikenal dengan nama Trunyan, yang diketahui sebagai asal mula nama desa tersebut.

Desa trunyan memilki tradisi dan tata cara tersendiri untuk menguburkan jenasah para warganya. Ada 3 Kuburan yang terdapat di desa Tersbut. kuburan itu antara lain, Setra wayah : Kuburan ini diperuntukan bagi para penduduk trunyan yang meninggal secara wajar dengan Kondisi jenasahnya masih utuh. Setra muda adalah kuburan untuk para jenasah yang masih muda seperti anak – anak, bayi ataupun orang dewasa sama sekali belum menikah, dan tentunya dengan syarat jenasah ini harus tetap untuh tanpa cacat. Terakhir Setra bantas yaitu kuburan yang diperuntukan bagi jenasah yang kematiannya seperti kecelakaan, bunuh diri, atau dibunuh orang.

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini