Thursday, August 16, 2012

Pura Tirtha Batur Pendem di Desa Belimbing 82163


Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Tabanan memang menyimpan banyak hal yang menarik terutama di bidang kebudayaannya. Di Desa Wisata Belimbing ada sebuah Pura yang lumayan menarik untuk disinggahi bila anda berlibur ke Belimbing, pura itu adalah Pura Tirtha Batur Pendem. Letak pura ini lima ratus meter di sebelah Selatan Pura Luhur Mekori, bercirikan sebuah pohon yang menjulang tinggi (pohon kayu sambuk) di sebelah kiri jalan bila kita melintas di Jalan Raya Antosari-Pupuan ke arah Pupuan.





Pura Tirtha Batur Pendem juga di sung-sung oleh warga Cina, maka dari itu pura ini menghadirkan juga nuansa budaya Cina (indah dan menarik), sebagai pemandangan khas Pura Tirtha Batur Pendem adalah ornamen/hiasan Cina, dominan warna merah dan patung naga yang indah


Pura Batur Pendem terbuka untuk umum, dalam artian siapapun bebas sembahyang di pura ini dengan suatu persyaratan mutlak tidak dalam keadaan cuntaka ( kematian/ menjelang persiapan ngaben, haid/datang bulan), tempat ini damai baik sebagai tempat memohon ketenangan jiwa walaupun terletak di pinggir jalan raya. Sejuk karena masih wilayah hutan lindung Mekori peraih tropi kalpataru di era Presiden Suhato kemarin.



Odalan di Pura Tirtha Batur Pendem adalah setiap setahun sekali, kala Purnamaning Sasih Keulu. Ada semacam tradisi di Desa Belimbing, bila padi di sawah di wilayah Desa Pakraman Belimbing terserang hama misalnya : hama wereng, tikus (dalam artian hamanya tidak terkendali bisa berakibat gagal panen), maka akan dimohonkan penganugrahan  dari Ida Betara berupa tirta di Pura Tirtha Batur Pendem, hal hasil hama tersebut akan segera hilang/ paling tidak berkurang dan panenpun tidak gagal. (hal ini telah terbukti sejak zaman dulu/turun temurun)



Post yang relevan >>
  1. Sembahyang di Pemerajan orang lain
  2. Bendesa Manik Mas

1 comment:

  1. Terima kasih banyak atas penjelasan & foto-fotonya, Pak Yan. Saya bisa terbayang bentuk Konco Belimbing sebelum yang sekarang. Semoga semua makhluk berbahagia 🙏🙏🙏

    ReplyDelete

Baca juga yang ini