Tuesday, August 21, 2012

Mengapa orang naik sepeda tidak jatuh ?

Pernarkah terbersit suatu pertanyaan, mengapa ya orang yang naik sepeda itu kok tidak jatuh, sedangkan roda sepeda itu cuma dua?

 Jawabnya > Sesungguhnya paling kurang ada 2 hal yang menyebabkan orang naik sepeda itu tidak jatuh. Salah satunya adalah apa yang disebut tenaga giroskopik. Sebuah giroskop adalah sebuah roda berpinggiran berat dengan sumbu yang tinggi letaknya, sehingga pusatnya tetap saja berada pada satu tempat, tidak peduli betapapun giroskop itu diputar. Kalau roda itu mulai berputar, ia akan tetap mempertahankan kedudukannya  dalam ruang hingga ada tenaga luar merubahnya. Roda sepeda andapun,  bila mulai berputar akan bereaksi dengan cara yang sama. Mereka akan tinggal tetap pada kedudukan ruang yang sama sampai ada tenaga lain  datang dari luar merubah arahnya itu. Jadi tenaga giroskopik cendrung untuk tetap menahan sepeda itu berada dalam keadaan tegak lurus.


Hal yang kedua adalah tenaga sentrifugal.  Pengaruh sentrifugal mendorong benda-benda pergi dari pusat suatu benda yang berputar. Ia merupakan tenaga yang mendorong anda arah ke samping pada saat anda menikung dengan tajam. Kalau anda merasa mulai cendrung jatuh dari sepeda, maka andapun memutar roda bagian depan ke arah anda akan jatuh itu. Tenaga sentrifugal akan mendorong anda tegak lurus lagi. Jalannya sepeda itu menikung pertama kali ke kanan dan kemudian ke kiri kalau anda menjaga keseimbangan  jangan sampai jatuh. Dengan kata lain anda menggerakkan roda itu, tanpa memikirkan terlebih dahulu, dengan cara yang demikian rupa sehingga tenaga sentrifugal akan membantu anda tetap berada pada kedudukan tegak lurus.

Sumber >> Apa dan mengapa?

No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini