Monday, July 30, 2012

TRI HITA KARANA DI DESA WISATA BELIMBING, PROVINSI BALI


Desa Wisata Belimbing di kabupaten Tabanan didiami oleh masyarakatnya yang sebagian besar agama Hindu, seperti halnya desa-desa lainnya di pulau Bali, yang mana mereka selalu sadar akan dharmanya/ kewajibannya untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa menuju masyarakat sejahtra adil dan makmur berdasarkan Pancasila. Tri Hita Karana juga terterapkan di Desa Wisata Belimbing. Yang dimaksud dengan Tri Hita Karana adalah merupakan tiga penyebab kesejahtraan yang bersumber pada keharmonisan, keharmonisan yang dimaksud adalah keharmonisan manusia dengan tuhannya, keharmonisan manusia dengan lingkungannya,  keharmonisan manusia dengan sesamanya. Hubungan manusia dengan tuhannya diwujudkan dengan Dewa Yadnya, manusia dengan lingkungannya diwujudkan dengan Bhuta Yadnya, hubungan manusia dengan sesamanya diwujudkan dengan Pitra Yadnya, Manusa Yadnya sebagai contoh di Desa Wisata Belimbing juga ada orang ngaben, dan orang potong gigi (mepandes/metatah). Tri Hita Karana dalam kehidupan umat Hindu di Bali dan di Desa Wisata Belimbing dapat di jumpai dalam perwujudan ;
a.       Parhyangan > mencakup kahyangan jagat, untuk tingkat desa adat berupa kahyangan desa adat/ kahyangan tiga desa pakraman stempat.
b.      Palemahan  > tingkat daerah meliputi wilayah provinsi Bali, tingkat desa meliputi wilayah kahyangan tiga setempat, tingkat keluarga meliputi  pekarangan perumahan.
c.       Pawongan  > tingkat daerah meliputi seluruh umat Hindu Bali, tingkat desa meliputi krama desa adat setempat, tingkat keluarga meliputi seluruh anggauta keluarga.
Dengan menerapkan Tri Hita Karana secara mantap, dan dinamis akan terwujud kehidupan yang harmonis mencakup pembangunan manusia seutuhnya yang selalu stiti bakti terhadap Hyang Maha Kuasa / Hyang Pramakawi, cinta akan lingkungan serta rukun dan damai dengan sesama. Itulah mereka warga masyarakat Desa Wisata Belimbing, Kabupaten Kota Pelangi Tabanan, Provinsi Bali. (kode pos 82163)
 
Belimbing village can be accessed from the city of Denpasar Bali Denpasar across the roadway - Gilimanuk in Antosari junction turn right onto Highway Antosari - Pupuan, 50 Km away from the city of Denpasar, is when the access from the south. Whereas if you come from the North (Singaraja), after you arrive in town Seririt ,turn a left go to Pupuan, not go to Gilimanuk, got the T-junction turn left and proceed to Pupuan, 30 Km journey again.






No comments:

Post a Comment

Baca juga yang ini